Year 2012 : Year of Success..!!!

Minggu, 04 Desember 2011

Maggie Smith : Aktris Gaek yang Serba Bisa

Natalie Margaret Smith ( lebih dikenal sebagai Maggie Smith ) lahir pada 28 Desember 1934 di Ilford, Essex. Smith adalah seorang aktris film Inggris, panggung, dan televisi yang membuat debut panggung di tahun 1952 dan masih melakukan setelah 59 tahun. Dia adalah putri dari Margaret Smith (Hutton née) seorang sekretaris kelahiran Glasgow, dan Nathaniel Smith, kelahiran Newcastle  seorang patologi kesehatan masyarakat yang bekerja di Universitas Oxford. Dia memiliki saudara kembar yang lebih tua, Alistair dan Ian. Smith belajar di Oxford High School.
sebagai Prof. McGonagall dalam Harry Potter
Dia  telah memenangkan berbagai penghargaan untuk acting, baik untuk panggung dan film, termasuk lima BAFTA Awards (ditambah penghargaan BAFTA Fellowship), dua Academy Awards, dua Golden Globe, dua Emmy Awards, sebuah penghargaan Laurence Olivier, dua SAG Awards, dan sebuah Tony Award.
dia telah membintangi puluhan film dan drama teater. Film nya diakui sangat mengkritik termasuk Othello (1965), The Prime Miss Jean Brodie (1969), California Suite (1978), The Clash of the Titans (1981), A Room with a View (1985), dan Gosford Park (2001). Dia juga telah muncul dalam sejumlah film yang dikenal masyarakat luas, termasuk Hook (1991), Sister Act (1992), dan sebagai Profesor Minerva McGonagall dalam seri Harry Potter. Dia saat ini bintang dalam drama kritik, Downton Abbey yang dia telah memenangkan Emmy.

Smith telah memiliki karir yang luas baik di layar dan di live teater, dan dikenal sebagai salah satu aktris unggulan Inggris. Ia memulai karirnya di Playhouse Oxford dengan Frank Shelley dan membuat film pertamanya di tahun 1956. Dia menjadi fixture di Royal National Theatre pada tahun 1960, terutama untuk bermain Desdemona dalam Othello dengn Laurence Olivier dan memenangkan nominasi pertama Oscar untuk penampilannya dalam versi film pada tahun 1965.

Smith muncul di Sister Act pada tahun 1992 dan memiliki peran utama dalam film The Tea with Mussolini  1999, di mana ia muncul sebagai Lady Hester tangguh. Memang, banyak dari perannya lebih matang harus berpusat pada apa yang Smith mengacu sebagai "galeri grotesques" nya, bermain pemberang, karakter kasar sarkastis atau polos.


Karena keberhasilan internasional dari film Harry Potter, dia sekarang secara luas dikenal untuk memainkan peran Profesor Minerva McGonagall, adu acting dengan Daniel Radcliffe, dimana dia sebelumnya pernah bekerjasama pada serial televisi BBC David Copperfield, sebagai Betsie Trottwood. Dia juga memainkan Wendy tua di film Peter Pan, Hook dan Mrs Medlock dalam The Secret Garden. Pada tahun 2010, ia tampil sebagai Violet, Janda Countess Grantham, drama Inggris Downton Abbey, mengambil bagian dalam seri kedua juga yang diputar di musim gugur tahun 2011. Dan pada seri ketiga sedang direncanakan.

Dia dianugerahi  Dame Commander dari Kerajaan Inggris (DBE) pada tahun 1970, Smith telah menikah dua kali. Dia menikah dengan aktor Robert Stephens pada tanggal 29 Juni 1967 di Kantor Pendaftaran Greenwich. Pasangan ini memiliki dua putra: aktor Chris Larkin (lahir pada 1967) dan Toby Stephens (lahir pada tahun 1969), dan bercerai pada tanggal 6 Mei 1974. Smith menjadi seorang nenek dari ranak-anaknya ini.

Dia menikah seorang dramawan Beverley Cross pada 23 Agustus 1975 di Kantor Pendaftaran Guildford, namun ia meninggal pada 20 Maret 1998.

Pada tahun 2007, buku harian Sunday Telegraph Mandrake mengabarkan  bahwa ia telah didiagnosa menderita  kanker payudara. Namun Dia kemudian dilaporkan telah berhasil pulih secara penuh.

Tidak ada komentar:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...